Back to homepage

Tata Cara CBT

Pastikan komputer dibilik anda sudah menyala, jika belum carilah bilik lain sudah menyala.

  1. Buka browser (Mozilla Firefox / Google Chrome) lalu ketik di address bar >> cbt.fkkumj.ac.id
  2. Masukkan USERNAME dan PASSWORD
    USERNAME = Nomor Pendaftaran/NO ID/NO Ujian/USER ID
    PASSWORD = (akan diberitahu saat pelaksanaan ujian)
          Contoh: Fkk@000000 (perhatikan huruf besar dan kecil)
  3. Jika username dan password benar maka akan masuk kehalaman ujian, jika belum juga bisa login maka segera laporkan ke petugas CBT.
  4. Dalam halaman Peserta Ujian ada judul mata soal yang akan diujikan, klik mata ujian yang telah ditentukan oleh petugas CBT / Pengawas Ujian. Lalu Klik lagi Judul mata soal lalu klik OK/Yes
  5. Setelah itu masuk kehalaman konfirmasi dan ada tombol “ Attemp Quiz Now” setelah anda mengeklik tombol tersebut maka soal akan segera muncul dan waktu ujian mulai berjalan (Pojok Kiri Atas Soal)
  6. Tombol “SAVE WITHOUT SUBMIT” (HARUS SERING DI KLIK) digunakan untuk menyimpan sementara ujian anda, dan anda masih dapat merubah kembali pilihan jawaban pada soal.
  7. Tombol “SUBMIT ALL AND FINISH” (HANYA BOLEH SEKALI DI KLIK) lalu konfirmasi OK, digunakan apabila anda sudah yakin mengerjakan semua soal dan ingin mengakhiri sesi ujian ini. Saat tombol ini di tekan maka ujian akan berakhir dan data akan dikirim ke server, dan anda tidak dapat masuk kembali ke soal itu, anda dianggap sudah mengikuti dan menyelesaikan ujian.
  8. Untuk berpindah ke halaman soal berikutnya atau sebelumnya, cukup menekan tombol NEXT / PREV atau Angka halaman di bawah soal ujian.
  9. Jawaban soal dapat diubah kembali sebelum anda menekan SUBMIT ALL and FINISH atau sebelum waktu habis.
  10. Saat waktu habis soal akan otomatis tertutup dan mengirim jawaban sesuai apa yang anda isi sebelum waktu habis.
  11. Setelah selesai ujian atau waktu habis anda harus keluar dari aplikasi CBT dengan klik tombol “LOGOUT” terlebih dahulu.
  12. Tinggalkan bilik komputer, periksa barang anda jangan sampai tertinggal, posisikan kelengkapan komputer seperti semula dan perhatikan Safety Procedure dan Tata Tertib di Ruang CBT.
  13. Hal – hal yang belum di atur akan diberitahukan selanjutnya.