Back to homepage

Kurikulum Prodi DIII Kebidanan

Kurikulum yang dirancang berdasarkan KBK (kurikulum berbasis kompetensi) sesuai  dengan visi misi program studi dengan pendekatan yang modern dan islami.
Model pembelajaran yang dilakukan adalah model PBL (Problem Based Learning) yang penerapannya masih dikombinasikan dengan model konvensional. Tujuan dari model ini adalah merangsang peserta didik untuk belajar melalui berbagai permasalahan kesehatan masyarakat yang  nyata dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan pengetahuan yang telah atau akan dipelajarinya. 
Penyusunan kurikulum dan pelaksanaan model pembelajaran ini dimaksudkan untuk menyiapkan peserta didik untuk dapat melakukan analisis yang komprehensif akan masalah kesehatan yang ada di setiap wilayah dan mampu menyelesaikan masalah kesehatan tersebut berdasarkan kondisi yang ada di setiap wilayah 

ISI  KURIKULUM
Kurikulum dikelompokkan menjadi matakuliah :
o MPK (Mata Kuliah Pengembangan),
o MKK (Mata Kuliah Keilmuan & Keterampilan),
o MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya),
o MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya)
o MKBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat).

Meliputi Ilmu Humaniora, Al Islam – Kemuhammadiyahan,   Dasar Biomedik, Managemen, Kesehatan Masyarakat (Biostatistik, Epidemiologi, Pendidikkan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Gizi kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3), Kesehatan Reproduksi), Metodologi Penelitian, Kepemimpinan dan Berfikir Sistem yang kesemuanya untuk menyiapkan Sarjana Kesehatan Masyarakat  sebagai MIRACLE yang Islami.

STRUKTUR KURIKULUM DAN LAMA STUDI 
Kurikulum terdiri dari 144 SKS yang terdiri dari 70 % mata kuliah Wajib Universitas, Fakultas dan Program studi dan 25 % mata kuliah wajib Peminatan. 
Peminatan yang ada di Program Studi Kesehatan Masyarakat FKK UMJ adalah 
a. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
b. Managemen Pelayanan Rumah Sakit
c. Promosi Kesehatan
d. Gizi Kesehatan Masyarakat
e. Kesehatan Lingkungan
f. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
g. Epidemiologi
h. Kesehatan Reproduksi
Lama studi program studi kesehatan masyarakat adalah 4 tahun (8 semester)

PENILAIAN  HASIL  BELAJAR
Penilaian hasil belaja rterdiri dari Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester dan Penugasan, batasan kelulusan berdasarkan Penilaian AcuanNormal.
Selain bentuk evaluasi di atas juga dilakukan Uji Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Panitya Nasional Uji Kompetensi

SUMBER DAYA PENDIDIKAN
Tenaga pendidik dan kependidikan sesuai kompetensi.
Fasilitas Fisik  : Ruang kuliah. Ruang diskusi tutorial, Perpustakaan, Laboratorium, lahan praktek di masyarakat (Puskesmas, Dinas kesehatan dan Instansi lain yang terkait) ,  Rumah Sakit
Sarana kegiatan mahasiswa : gedung lembaga kemahasiswaan, sarana olahraga, senitari dan music. Dakwah mahasiswa, kegiatan bakti social, penelitian.