Dinamika Komunikasi Dokter

By Admin FKK 28 Nov 2016, 14:00:20 WIBINFO FKK

Dinamika Komunikasi Dokter

Keterangan Gambar :


Bagi manusia, komunikasi pada dasarnya bukanlah sekedar hal yang biasa dan terjadi dengan sendirinya (taken for granted). Sebagai tuntutan dan kebutuhan dalam dinamika hidup manusia, komunikasi menjadi isu yag kritis.Tidak terkecuali bagi dokter.

Menjadi seorang dokter adalah harapan dan dambaan banyaorang tua. Dokter masih dianggap sebagai status bergengsi dan memiliki tugas mulia di tengah-tengah masyarakat. Di sisi lain tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan bidang kedokteran pada khususnya dan kesehatan pada umumnya, juga semakin meningkat dan kompleks.

Tugas seorang dokter bukan hanya  berhubungan langsung dengan  pasien, tapi juga dengan  kelompok sejawatnya, bahkan dengan masyarakat yang beragam latar belakang sosial ekonomi, pendidikan dan budaya serta keyakinan. Tidaklah mengherankan tuntutan akan pentingnya komunikasi efektif  menjadi kesatuan integral yang tidak terpisahkan dari fondasi profesionalitas seorang dokter. 

Komunikasi efektif menjadi penopang garda terdepan  tegaknya pilar-pilar pengelolaan informasi, landasan ilmiah ilmu kedokteran, keterampilan klinis, dan pengelolaan masalah kesehatan  untuk tercapainya kompetensi dokter yang mumpuni. Dewasa ini kebijakan pemerintah mengenai Jaminan Kesehatan Nasional juga menunjukkan arah yang mestinya lebih fokus pada ketersediaan yang lebih adil dan merata mengenai kualitas dan kuantitas dokter pada khususnya, tenaga kesehatan pada umumnya, ke berbagai daerah di Indonesia. 

Institusi pendidikan kedokteran dituntut memainkan peran lebih besar dalam menghasilkan dokter-dokter yang bukan saja menguasai substansi kedokteran, tapi juga memiliki kepedulian terhadap masalah kesehatan masyarakat secara umum. Situasi dan kondisi sosial ekonomi masyarakat, terutama kelas menengah ke bawah yang heterogen dan masih memprihatinkan, juga menuntut  para dokter memiliki kemampuan komunikasi yang lebih efektif dalam mengelola dan menangani masalah-masalah kesehatan. Health communication is a subset of human communication that is concerned with how individuals deal with  health-related issues (Northouse and Northouse,1998).

Tuntutan masyarakat terhadap dokter, bukan hanya sekedar pelayanan teknis kesehatan yang lebih baik, tapi juga hubungan yang lebih harmonis, yang dibangun berdasarkan komunikasi timbal balik (two way communication) yang saling percaya dan bermanfaat. Kepercayaan masyarakat terhadap dokter akan tumbuh, apabila para dokter menunjukkan profesionalime keakhlian di bidangnya disertai pesan-pesan komunikasi yang efektif secara empatik, jujur,  terbuka dan tulus.

Dewasa ini hubungan antara dokter dan masyarakat, khususnya dengan masyarakat strata bawah, tidak hanya terbatas pada hubungan antarpersonal, tapi bisa jadi hubungan dengan kelompok dan khalayak  yang memiliki latar belakang sosial ekonomi, pendidikan dan budaya beragam. Dengan demikian keterampilan dan kemampuan komunikasi seorang dokter dewasa ini juga menyentuh  tataran komunikasi massa, publik dan organisasi.

Pada level komunikasi massa, komunikasi kesehatan merujuk pada area program-program nasional dan bahkan global, kampanye promosi, dan perencanaan kesehatan publik dalam kerangka disseminasi mengenai inovasi. Sementara dalam area komunikasi publik, komunikasi kesehatan merujuk seperti pada presentasi, pidato di depan publik mengenai topik-topik yan berhubungan dengan kesehatan. Sedangkan dalam konteks organisasi, komunikasi kesehatan bisa jadi melibatkan administrasi dan manajemen rumah sakit, relasi-relasi dengan staf, dan iklim komunikasi organisasi.

Dengan demikian dinamika perkembangan komunikasi kesehatan menuntut   dokter memiliki peran dan status selain sebagai tenaga medis, juga adalah seorang pemuka masyarakat (opinion leaders), sekaligus sebagai agent of change, yang mampu  menciptakan masyarakat dengan pengetahuan kesehatan memadai  (well informed). Peran komunikasi dalam menjalankan tugas sebagai dokter bukanlah sekedar tambahan atau embel-embel, tetapi menjadi jantung kepedulian perawatan pasien dan pemberdayaan masyarakat secara umum.

Tidaklah mengherankan semua lulusan fakultas kedokteran dan kesehatan dituntut memiliki selain kemampuan penguasaan bidang kedokteran, juga kemampuan berkomunikasi secara efektif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang prima.  Untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan tersebut, Tim Blok Learning Skill  dan Teknologi  Informatika Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK – UMJ), yang diketuai langsung oleh Dekan FKK – UMJ , dr. Slamet Sudi Santoso, M.Pd.Ked, secara khusus telah menyusun Modul Tutorial Komunikasi Dokter – Pasien. 

Modul ini sekaligus merupakan kebijakan yang menekankan keakhlian dan keterampilan komunikasi bagi para calon dokter di FKK-UMJ dalam posisi sentral dan integral yang tidak terpisahkan dari pendidikan substansi kedokteran,  secara berkelanjutan dan berkemajuan. Adapun tindak lanjut pendekatan ini,  secara akademik operasional kurikulum pendidikan kedokteran dan kesehatan di FKK-UMJ  mengacu pada strategi pembelajaran berbasis komunitas dan problem (Community and Problem Based Learning), yang berpusat pada mahasiswa (student centered).


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Admin FKK

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Program Studi Favorit anda?
  S2-Kesmas
  Kebidanan
  Kesmas
  Kedokteran

Komentar Terakhir

  • AqvvceViand

    does cialis work for women http://buyvcialiosonline.com/ cialis in canada <a ...

    View Article
  • MeneDunty

    viagra online consult brand http://newmed1onlinev.com/ buy viagra soft online <a ...

    View Article
  • MeneDunty

    viagra no prescription http://newmed1onlinev.com/ cheap viagra from india <a ...

    View Article
  • Brvcscoibly

    1 hour payday loan lenders http://paydayloansken.com/ fast cash loan <a ...

    View Article